Bisnis Online “Automatic” (Chapter 2)

Halo Sobat Panduan Sukses,

Dengan Aditya S disini…

 

Sudah baca Chapter 1 ?

Kalau belum silahkan baca disini

 

Di Chapter 1 kemarin, kita telah membahas bahwa salah satu cara untuk meningkatkan konversi secara efektif adalah dengan cara membuat mereka “kenal dulu” kepada Anda / Brand Anda.

Sistem yang kita buat di Bisnis Online “Automatic” ini tidak serta merta membuat Brand kita menjadi kuat dan cepat melekat di benak calon customer. Branding membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
Namun setidaknya, Sistem yang Anda buat ini lebih efektif dibandingkan strategi promosi langsung pada umumnya, dan akan sangat menghemat biaya promosi Anda di masa mendatang.

 

Mengapa melakukan proses List Building dengan menggunakan Email Marketing?

  • Email bersifat Personal namun Formal
    Anda dapat menyapa nama mereka dari email yang dikirim. Sehingga menjadi cepat akrab dengan calon customer Anda. Formal, karena Anda mengirim email sebagai entitas atau pemilik bisnis. Secara tidak langsung, sebenarnya mereka sudah mengerti bahwa Anda nantinya akan “jualan” produk Anda. Namun, approaching yang Anda lakukan, membuat mereka dengan senang hati subscribe email newsletter Anda.
  • Email Marketing dapat diatur secara otomatis
    Kapan pun mereka datang, Anda dapat mengaturnya, mengucapkan selamat datang di email yang pertama. Kemudian jika mereka melakukan action tertentu, Anda juga dapat mengaturnya, email yang mana lagi yang mereka dapat.

Jika List building menggunakan app messenger, Anda akan kerepotan untuk “mengurus mereka” satu persatu. Dan akhirnya mengeneralisir mereka pada broadcast yang sama.

Di Email Marketing, ada tahap awal dan beberapa email follow up yang Anda kirim untuk meningkatkan level Engagement step by step. Hingga pada akhirnya mereka SIAP untuk menerima penawaran Anda.

 

Membuat SISTEM Bisnis Online “Automatic”


Agar lebih cepat dimengerti, saya telah membuat Alur List Building di bawah ini :

alur list building (1)
Kurang lebih seperti ini alur list building pada umumnya.

 

Sebelum kita membahas lebih detail tentang alur ini,
yang perlu dipahami adalah Proses List Building ini, yaitu proses pengumpulan database calon customer (email) dan memberikan “Gift” / informasi yang mereka butuhkan.

 

“Anda memberikan sesuatu yang dibutuhkan calon customer yang berhubungan dengan produk yang Anda jual.”

Misalnya:

  • Jika Produk Anda tentang pelangsing, Anda dapat memberikan Special Report seperti:
    “Cara diet sehat tanpa lapar”, “Pola makan rendah kalori”, “Turun 5 Kg sebulan, meski tetap makan enak”.
  • Jika Produk Anda seputar kecantikan, Anda dapat memberikan panduan / Ebook seperti: “Tips Perawatan Wajah secara Alami”, “Wajah bebas jerawat dalam 2 minggu”, dan lain-lain.

Pada intinya, Anda akan memberikan sebuah Gift (dapat berupa Tips, Panduan, Special Report) agar calon customer Anda dengan senang hati subscribe / berlangganan email Anda, dengan kata lain, mereka sudah masuk ke dalam Sistem Bisnis Online Anda.

 

NOTE :

List Building dengan Email Marketing, bukan semata-mata mengumpulkan sebanyak-banyaknya email. Sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kontak email customer. Di luar, banyak yang menjual database email bahkan dengan spesifik niche tertentu. Namun itu sama sekali tidak efektif. Penerima email akan melaporkan email Anda sebagai spam, dan tentu akan merusak brand Anda.

 

Yang membuat konversi penjualan bagus adalah Prosesnya itu sendiri.

Ketika mereka dengan senang hati subscribe newsletter Anda karena penasaran dengan info yang akan Anda berikan, kemudian mendapatkan solusi dari info yang Anda berikan, atau setidaknya mereka mengenal Anda sebagai expert di bidang tersebut.

Dari situlah penjualan terjadi dan Anda sedang membangun pelanggan yang loyal.

 

Jangan Menunggu Sempurna untuk Memulainya

Untuk menyusun sebuah Gift, jangan menunggu Anda menjadi expert di bidang tersebut.
Misalnya Anda ingin praktek dulu menurunkan berat badan hingga berhasil, baru Anda membuat panduannya.
Itu memang akan lebih mengena bagi calon customer, tapi Anda akan menunggu terlalu lama untuk memulai. Padahal bukan hal itu saja yang harus Anda kerjakan dalam proses list building.

Mulailah dari Googling. Riset, kira-kira topik apa yang menarik di bidang tersebut.

 

Beberapa bulan yang lalu, ketika akan menjual produk untuk wanita (kecantikan), saya juga menyusun sebuah gift dengan cara Googling. Tidak mungkin saya harus menjadi cantik terlebih dahulu :3 .
Saya riset topik apa saja yang kira-kira mereka butuhkan, saya susun urutannya lalu hire jasa penulis artikel. Setelah selesai, tinggal jadikan artikel berseri (tidak selalu dalam format ebook).

 

Wah berarti butuh waktu lama donk untuk set up list building ini ?

Saya balik bertanya kepada Anda…
Apakah Anda mengerjakan bisnis hanya untuk 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, atau maksimal 1 tahun saja?

Apakah Anda tidak ingin memiliki bisnis yang bukan hanya bertahan, tapi selalu berkembang dari waktu ke waktu ?

 

Anda perlu membangun database pelanggan mulai dari sekarang.

Tidak peduli apakah Anda saat ini berangkat dari seorang dropshipper,
tapi apakah suatu saat nanti Anda tidak ingin upgrade menjadi reseller, supplier atau bahkan memiliki dan menjual produk Anda sendiri ?

Jika saat ini Anda sebagai affiliate produk digital, apakah suatu saat Anda tidak ingin menjadi product creator?

 

Meskipun saya baru mempelajari dunia internet marketing pada tengah 2014, saya cukup serius membangun list untuk offer produk-produk digital sejak awal 2015.
Saya belum pernah launch produk digital, namun karena list building ini, Alhamdulillah saya sering masuk Leaderboard kontes affiliate yang saya ikuti.

 

affiliate
Meskipun hasil dari affiliate lokal lumayan setiap bulannya, namun membuat produk sendiri juga perlu.
Saat ini, ada 2 project software yang sedang saya kerjakan. Ditunggu launchingnya yah hehehe 😀
Di samping itu, saat ini saya juga sedang menyusun Sistem Bisnis Online “Automatic” untuk market bule, dengan pola / alur yang sama dengan yang sedang kita bahas saat ini.

 

Tentang Alur List Building

alur list building (1)

Ada 6 Hal yang akan kita bahas di alur list building ini dalam proses membangun Sistem Bisnis Online Anda.

  1. Traffic => Meskipun ini adalah proses awal, tapi ini nantinya yang akan paling banyak Anda ukur atau evaluasi. Traffic ini justru yang paling belakang dikerjakan setelah Gift, Squeeze page, Thanks Page, Salespage sudah jadi. Seberapa banyak orang yang subscribe juga ditentukan dari sini.
  2. Squeeze Page / Optin Page => Halaman yang hanya khusus fokus menangkap email calon customer Anda. Bagaimana membuat squeeze page yang menarik dan membuat orang senang untuk subscribe, akan dibahas di chapter berikutnya.
  3. Thank You Page => Ini adalah halaman yang ditemui setelah calon customer mengisikan datanya di email dan sudah terdaftar di newsletter Anda. Biasanya berisi langkah apa selanjutnya yang harus mereka lakukan atau langsung halaman download. Di halaman ini, dapat disisipkan penawaran pertama Anda. Selengkapnya akan dibahas di chapter berikutnya.
  4. Download / Read Gift => Ini adalah gift yang Anda janjikan setelah mereka subscribe. Kualitas Gift akan menentukan level engagement dengan subscriber baru Anda. Namun seperti yang dijelaskan diatas, jangan menunggu sempurna dulu untuk membuatnya.
  5. Follow Up Email => Serangkaian email yang telah Anda susun setelah mereka mendapatkan gift Anda. Ini juga akan semakin meningkatkan level engagement. Selengkapnya akan dibahas di chapter berikutnya.
  6. Main / Lastest Offer => Ini tentunya yang Anda tunggu-tunggu (selain first offer diatas). Penawaran utama produk Anda. Bagaimana cara membuat penawaran yang berkonversi tinggi akan dibahas di chapter selanjutnya.

 

Baik, itulah pembahasan chapter 2, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar di bawah.


Untuk Materi Chapter 3, silahkan kesini.

Semoga Bermanfaat…

Silahkan bagikan ke teman Anda…

Komentar

Leave a Comment:

Aditya S says December 19, 2015

Cocok aja mas, saya juga menggunakannya di produk kecantikan.
Karena mas sedang mencari-cari info dan tips bisnis online,
jadinya banyak subscribe newsletter tentang produk digital.

Posisikan sebagai buyer produk mas, dan cari info dan tips seputar itu.
Nanti akan ketemu banyak newsletter punya kompetitor.
Bisa subscribe dan di-ATM caranya

Reply
Aji says December 19, 2015

Mas Adit, trima kasih ilmunya, mau nanya apakah semua produk cocok pakai list building, sy banyak kiriman email hanya dari produk2 digital, jarang saya ketemu jual produk fisik yg pakai list building.

Reply
Mazz Eka says December 18, 2015

Trima kasih mas Aditya,,, ilmu2 sangat bermanfaat utk sya yg baru belajar bisnis online, ditunggu artikel2 berikutnya…

Reply
Add Your Reply