[Study Case] Tips Meningkatkan Konversi Online

Halo Sobat Panduan Sukses,

Dengan Aditya S disini…

 

Pada kesempatan kali ini, saya ingin share salah satu offer yang saya kerjakan beberapa bulan yang lalu. Offer ini berjalan cukup singkat sekitar 1 minggu. Saya mempromosikan produk Sociocaster-nya Mas Bramantya Farid & Mas Adi Suandharu.

Seperti yang Anda ketahui, PanduanSukses sering merekomendasikan beberapa produk digital yang memang sudah ditest dan direview terlebih dahulu. Dan sebenarnya ini adalah Relaunching… bukan benar-benar baru… karena 3 bulan sebelumnya sudah launching. Hanya saja, saya menggunakan strategi promosi yang berbeda sehingga konversinya juga berbeda.

konversi online

Ini adalah member area hasil sales saya untuk lokal.
Unique Clicks adalah jumlah visitornya.
Sedangkan Angka merah di sebelah kiri adalah jumlah sales yang saya hasilkan.

Tools ini pada waktu itu tidak di-launch secara lokal saja. Tetapi juga di-launch di market luar (terjual ribuan copy pada waktu itu). Jadi saya juga dapat  report sales dari market luar (jvzoo).

Pada pembahasan kali ini, kita sepakat untuk tidak membahas dollarnya, karena besar kecilnya itu relatif.
Namun yang menjadi pembahasan kita adalah, bagaimana dengan visitor yang datang mengunjungi website Anda, dapat optimal konversinya.

Sebenarnya, strategi-strategi yang saya lakukan sebelumnya juga cukup efektif untuk menjaga konversi minimal 3-5%. Pada campaign ini, di hari pertama tersebut, dari jumlah visitor 52, saya mendapatkan 4 sales. Jadi konversi sekitar 7.6%. Di hari-hari berikutnya, konversi lebih besar. Bahkan bukan hanya produk utama yang terjual, namun upsell-upsellnya juga ikut terjual.

Berikut ini beberapa hal yang saya lakukan di waktu itu, sehingga mendapatkan konversi penjualan diatas 5% :

  1.  Berpromosi pada Warm Market

Saya rutin melakukan list building dengan memberikan Free Tutorial dan Free Produk Digital. Dan terkadang memberikan tips-tips tentang bisnis online. Disinilah proses branding yang saya lakukan sehingga calon buyer menjadi lebih mengenal saya dan PanduanSukses.

Mulai dari sinilah saya membangun pelanggan yang loyal. Saya melakukan proses merubah cold market menjadi warm market. Materi tentang ini, telah dibahas di artikel-artikel berseri PanduanSukses sebelumnya yang berjudul Bisnis Online Automatic (Chapter 1 – Chapter 5). Jika belum pernah membacanya, silahkan lihat mulai dari chapter 1 disini.

Berpromosi ke warm market akan lebih memudahkan konversi, karena calon buyer sudah mengenal kita terlebih dahulu.

2.  Edukasi Produk maksimal

Karena produk yang saya promosikan tersebut adalah tools dengan banyak fitur, maka saya perlu menjelaskannya dengan video tutorial. Saya membuat beberapa video sekaligus tentang fitur-fiturnya. Tujuannya agar calon buyer dapat melihat lebih jelas manfaat produk. Saya memaparkan gambar-gambar dan video-video fiturnya dalam landing page saya.

video demo socio

Begitu juga jika Anda menjual produk fisik di toko online Anda.
Anda perlu menampilkan gambar fisik, video, menjelaskan benefit dan fitur-fiturnya agar calon buyer mengetahui begitu bagusnya produk yang Anda jual. Paparkan itu secara jelas dan detail di landing page Anda.

3.  Memberikan Value Added (Nilai Tambah) dan Scarcity

Tentu saja bukan hanya saya yang mempromosikan tools ini. Oleh karena itu, saya memberikan bonus-bonus yang berbeda dan melengkapi produk utamanya. Bonus yang related sangat disarankan.

Selain itu, karena promo harga early bird hanya seminggu, itu juga yang membuat konversi bagus.

Begitu juga jika Anda sebagai reseller atau dropshipper. Nilai tambah apa yang membuat calon buyer memilih dan membeli produk di Anda, apa yang membuat Anda berbeda.

Anda juga dapat menerapkan strategi diskon atau free ongkir dalam waktu terbatas, misal 1 minggu. Dengan begitu, konversi Anda akan melejit dalam periode tersebut.

4.  Customer Service

Saya membuka chanel komunikasi dengan customer saya. Karena produk digital, saya lebih fast respon di facebook dan email. Saya mengantisipasi pertanyaan yang kurang jelas tentang tools yang saya promosikan ini. Namun pada kenyataannya, hanya sedikit yang tanya-tanya. Kebanyakan yang menghubungi saya hanya memastikan saja sebelum transfer. Itu karena saya sudah memaparkan detail dan memberikan edukasi di landing page saya.

 NOTE:
Jika Anda perhatikan di Total /Unique Clicks di sebelah kanan, tidak banyak traffic yang saya kirim. Jumlah traffic inilah yang mempengaruhi jumlah income / komisi yang dihasilkan. Semakin besar traffic, tentu dollarnya juga semakin besar.

Namun bukan itu pembahasan kita kali ini. Yang dibahas saat ini adalah bagaimana membuat konversi menjadi seperti itu. Jika kita sudah mengetahui polanya, kita tinggal mengulanginya untuk promosi-promosi berikutnya.

Beberapa faktor pendukung:

Tentunya ada faktor lain yang mempengaruhi konversi ini, tentunya dari produk itu sendiri.

Kualitas produk

Kalau produk tidak bagus, tentu akan membuat konversi semakin mengecil. Itulah kenapa, PanduanSukses melakukan riset, test dan review produk dulu sebelum berpromosi. Dan jika benefitnya tinggi (melebihi harganya), maka produk tersebut layak dipromosikan.

Bagaimana jika produk fisik?
Jika Anda tidak mempunyai produk sendiri, maka perlu melakukan riset produk sebelum berjualan.
Cara sederhananya, yang juga sudah banyak dilakukan para pebisnis online adalah Riset di Tokopedia.
Jual produk yang sudah terbukti rame dan banyak pembelinya.

 tokped

Pilih produk berdasarkan kategori yang Anda inginkan, lalu sortir dengan penjualan. Maka Tokopedia akan mengurutkan berdasarkan penjualan terbanyak. Dari sana Anda dapat melihat  produk apa yang pasarnya ramai dan mulai menjualnya.

Sales Funnel

Karena adanya sales funnel membuat kita sekali promosi dapat penjualan berkali-kali. Karena ketika mereka membeli produk utama, ada penawaran produk upsell.
Jika mereka ambil, maka double pula income Anda. Di salah satu hari di atas, bahkan ada penjualan upsell yang hampir menyamai penjualan produk utama. Untuk merangkai sistem tersebut Anda perlu membuat landing page yang berbeda untuk produk upsell.

Tentang List Building, Sales Funnel, dan Optimasi Landing Page akan dibahas lebih mendetail di materi

BISNIS ONLINE AUTOMATIC PREMIUM

Ini akan dilaunching beberapa bulan lagi.
Namun Anda dapat melihat materi basicnya Bisnis Online Automatic (BOA) mulai dari chapter 1 disini.

Jika Anda tidak ingin ketinggalan info launching Bisnis Online Automatic Premium dan ingin mendapatkan harga Early Bird… silahkan Join Waiting List di bawah ini:

KLIK DISINI UNTUK JOIN WAITING LIST

 

Baik itulah cara saya bagaimana meningkatkan konversi online. Semoga dapat memberikan manfaat dan inspirasi.

Silahkan dibagikan kepada teman Anda.

Komentar

Leave a Comment: